FANDOM

Eras-canon.png
Redstarbird.png
Aliansi untuk Pemulihan Republik
Informasi Politik
Tipe Pemerintahan

Gerakan perlawanan militer[1]

Kepala Negara

Kanselir[2]

Cabang Militer

Armada Kapal Aliansi[3]

Informasi Sosial
Kapital
Tubuh agama negara

Jedi

Informasi Historis
Terbentuk dari
Tanggal direorganisasi

Setelah Pertarungan Endor sebagai Republik Baru[5]

"Aliansi Rebel dilengkapi terlalu baik. Mereka lebih berbahaya daripada yang Anda sadari."
Jendral Cassio Tagge[sumber]

Aliansi untuk Pemulihan Republik umumnya dikenal sebagai Aliansi Rebel, Aliansi, atau Pemberontakan, adalah gerakan perlawanan yang dibentuk oleh Bail Organa dan Mon Mothma untuk menentang pemerintahan Kekaisaran Galaksi. Itu datang bersama-sama dari serangkaian sel pemberontak, termasuk awak Hantu.

Sejarah

Pendirian awal

Sementara Aliansi untuk Pemulihan Republik adalah gerakan perlawanan menentang tirani Kekaisaran Galaksi dan Orde Baru, akarnya mendahului kelahiran sebenarnya dari Kekaisaran itu sendiri, ketika Republik Galaksi berada di tahun terakhir eksistensinya.

Tahun Kekaisaran

Dalam tidak adanya oposisi utama, Kekaisaran Galaksi berkembang selama hari-hari awal pemerintahan Palpatine itu, mengumpulkan militer yang luas dan menggunakannya untuk menanamkan rasa takut dalam penduduk sipil. Senat direformasi, yang bahkan kurang efektif daripada selama tahun-tahun terakhir Republik, melakukan apa pun untuk menahan ekspansi militer besar-besaran. Sementara itu, dalam kerahasiaan terdalam, Kekaisaran bekerja di Death Star, bulan berukuran stasiun pertempuran mampu menghancurkan seluruh planet.[6] Meskipun banyak orang menaruh dendam terhadap Kekaisaran, beberapa berani bertindak. Mereka yang sering bertindak semata-mata kepentingan mereka sendiri, yang benar-benar membuatnya lebih sulit untuk setiap jenis nyata, terorganisir pemberontakan muncul.[7]

Pemberontakan dalam Ryloth

Sebuah contoh langka perlawanan terorganisir adalah bahwa gerakan Bebas Ryloth Cham Syndulla ini. Ini dibentuk dari Perlawanan Twi'lek, yang anggotanya telah menolak pendudukan planet Ryloth oleh separatis Emir Wat Tambor selama Clone Wars. Selama bertahun-tahun, gerakan yang didirikan abses tersembunyi di sistem Ryloth dan dieksekusi serangan terhadap kekaisaran.[8]

Pemberontakan Berch Teller

Contoh lain dari sel pemberontak muncul satu tahun setelah akhir Clone Wars, ketika Kekaisaran memutuskan untuk menghukum berat dunia Antar 4 untuk hubungan masa lalu dengan Konfederasi Sistem Independen.

Jaringan Organa-Tano

Namun, pada tahun keempat belas dari pemerintahan Palpatine, sejumlah sel pemberontak telah terbentuk, operasi di seluruh galaksi dan reaksi terhadap tumbuh penindasan Imperial, terutama mengingat terus ekspansi Kekaisaran seluruh Luar Pelek.

Perang Saudara Galaksi

Pada tahun kesembilan belas dari periode Imperial, jaringan pemberontak telah berkembang menjadi Aliansi untuk Pemulihan Republik, gerakan perlawanan penuh dipimpin oleh Bail Organa dan Mon Mothma, dengan yang terakhir menyandang predikat Kanselir.[9]

Kemenangan dalam Yavin

Sebuah pukulan besar bagi rezim Palpatine dunia terpana ketika Putri Leia Organa berhasil mencuri cetak biru dari Death Star, planet-pembunuhan stasiun pertempuran Kekaisaran, yang baru saja selesai setelah hampir dua dekade kerja.

Kegagalan Hoth

Tiga tahun setelah Pertempuran Yavin, Aliansi untuk Pemulihan Republik telah mendirikan pemukiman baru, Dasar Gema, di planet es Hoth.

Kemanangan dalam Endor

Satu tahun setelah bencana Hoth, Aliansi untuk Pemulihan Republik bertekad untuk menghadapi pukulan fatal bagi tirani Kaisar Palpatine ini. Setelah mengetahui bahwa Kekaisaran diam-diam mulai konstruksi pada Death Star kedua bahkan lebih kuat dari yang pertama, armada Aliansi rendezvoused dekat Sullust untuk merencanakan serangan. Berkat mata-mata Bothan nya, Aliansi telah belajar bahwa Palpatine sendiri untuk mengawasi tahap konstruksi akhir dari stasiun pertempuran baru.[10]

Horizon baru

Setelah Pertempuran Endor, Aliansi akhirnya direorganisasi menjadi Republik Baru. Pemerintah baru, bagaimanapun, masih harus berurusan dengan holdouts Imperial.[11] Satu tahun setelah kehancuran Star Death kedua, dua kelompok terutama berjuang pertempuran besar pada dunia gurun Jakku.[12]

Latar belakang

Dave Filoni disebutkan bahwa George Lucas melihat Pemberontakan sebagai berasal dari kelompok-kelompok gerilya mengajar Jedi melawan Separatis sendiri, seperti yang digambarkan dalam arka Onderon The Clone Wars.

Catatan dan Referensi

Lihat di Bahasa lain

Also on FANDOM

Random Wiki